TCP Client Server Dengan Java


Disusun Oleh Kelompok V



        Nadya Meyka Shalsabillah                                          NIM 065001800011
Bunga Seruni Widiyanti                                               NIM 065001800017
Tasya Aulia                                                                  NIM 065001800022
Alsadila                                                                        NIM 065001800025 

Sistem Informasi
Fakultas Teknologi Industri
Universitas Trisakti


                                      TUJUAN
Laporan ini dibuat untuk menyelesaikan praktikum 10 mata kuliah Jaringan komputer

                         TEORI SINGKAT
Andi Krisatandi mengartikan  server   sebagai pusat, baik sebagai pusat data, pusat database, pusat sistem, dan lain-lain. Komputer yang menjadi pusat disebut komputer server , jadi tugas komputer  server adalah berusaha melayani semua permintaan yang dilakukan oleh computer client. Selanjutnya, hasil dari  permintaan akan dikirim kembali kepada komputer client  Sedangkan tugas client adalah berusaha melayani permintaan yang dilakukan oleh  Client. Berdasarkan pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa komputer disebut komputer  client jika dalam satu sistem jaringan bertindak sebagai anak. komputer ini selalu melakukan permintaan berupa data maupun sumber daya lain kepada komputer server 

                                      PERCOBAAN
1. Dalam praktikum  kali ini menggunakan 2 laptop. laptop pertama sebagai server laptop kedua               sebagai client
 2. Ketikkan Source code untuk Client
import java.io.*;
import java.net.*;
import java.util.*;

public class TCPEchoClient{
private static InetAddress host;
private static final int PORT = 2480;
         public static void main(String [] args){
try{
    host = InetAddress.getByName("USER");  // ganti user dengan Ip host Server(type data tetap String)
}
catch(UnknownHostException uhEx){
    System.out.println("Host ID not found!");
}
accessServer( );
         }
         private static void accessServer( ){
Socket link = null;
try{
      link = new Socket(host,PORT);

      Scanner input = new Scanner(link.getInputStream());
      PrintWriter output = new PrintWriter(link.getOutputStream(),true);

      Scanner userEntry = new Scanner(System.in);

      String message, response;

      do{
              System.out.print("Client > Enter Message : ");
              message = userEntry.nextLine();
                              output.println(message);

                              if(!message.equals("QUIT")){
   response = input.nextLine();
   System.out.println("\nServer > " + response);
                              }
                         }while(!message.equals("QUIT"));
                       
                         response = input.nextLine();
                         System.out.println(response);
                 }
                 catch(IOException  ioEx){
         ioEx.printStackTrace();
}
finally{
         try{
System.out.println("\n* Closing connection... *");
link.close();
        }
        catch(IOException ioEx){
System.out.println("Unable to disconnect!");
System.exit(1);
        }
}
       }
}
3. Ketikkan Source code untuk Server
      4. Koneksikan 2 laptop dengan jaringan yang sama
5. Jalankan Program Server terlebih dahulu di command prompt
 

6. Lalu jalankan program client di command prompt juga

7. Setelah itu Client akan mengirimkan pesan dan pesan tersebut akan diterima oleh server.

                                            KESIMPULAN
Didalam buku Donahoo, dan Calvert (2001:4), pada saat membuat sebuah program yang membutuhkan hubungan komunikasi antara komputer, diperlukan sebuah protocol yang merupakan persetujuan bahwa mereka akan berkomunikasi satu sama lain. (Donahoo, dan Calvert, 2001:1) Clients biasanya berkomunikasi dengan satu server dalam waktu yang sama.

Comments